PENGARUH DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER VIA VALLEN DALAM TVC TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA FISIP UAJY
Main Author: | FANDYANTO, DIONISIUS REYNALDO |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/24253/1/KOM%20004933.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/24253/2/KOM%20104933.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/24253/4/KOM%20204933.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/24253/5/KOM%20304933.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/24253/3/KOM%20404933.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/24253/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini ingin melihat bagaimana pengaruh Daya Tarik Celebrity Endorser Via Vallen terhadap Keputusan Pembelian Online melalui aplikasi Shopee. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari endorser terhadap keputusan pembelian yang akan diambil oleh konsumen Variabel dari penelelitian ini ada 2 yaitu Daya Tarik Celebrity Endorser (X) dan Keputusan Pembelian (Y). Daya Tarik dan Keputusan Pembelian merupakan teori utama dalam penelitian ini untuk menjelaskan bahwa Kedua teori ini relevan dengan hasil temuan yang mencari tahu apakah ada pengaruh selebriti terhadap keputusan pembelian konsumen melalui aplikasi Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dan menggunakan 100 sampel dari mahasiswa FISIP UAJY dengan menggunakan metode pengambilan sample yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dengan menggunakan google form. Sedangkan untuk metode pengukuran data menggunakan skala likert, dan untuk analisis data atau pengolahan data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara daya tarik selebriti (Via Vallen) terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Shopee, dengan besarnya pengaruh sebesar 20,3 persen sisanya 79,7 persen yang dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Yang dimaksud faktor lain dalam penelitian ini dapat berasal dari aplikasi yang menarik, mudah digunakan, banyaknya promo dan lain-lain.