ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (STUDI PADA SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN)

Main Author: Sari, Larasati Desita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/23940/1/15%2004%20223501.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/23940/2/15%2004%20223502.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/23940/3/15%2004%20223503.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/23940/4/15%2004%20223504.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/23940/
Daftar Isi:
  • Tujuan dilakukan penelitian ini adalah guna mengetahui bagaimana dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SMK Negeri 2 Depok Sleman dilakukan. Pada penelitian ini, analisis pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah ditinjau melalui prinsip swakelola dan partisipatif, transparan, akuntabel, demokratis, efektif dan efisien, tertib administrasi dan pelaporan, serta saling percaya. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengelola BOS dan komite sekolah. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ditinjau dari 7 prinsip pengelolaan dana BOS yang termuat dalam Petunjuk Teknis BOS SMK tahun 2019. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif.. Dari hasil penelitian ini adalah pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SMK Negeri 2 Depok Sleman yang didasarkan pada prinsip swakelola dan partisipatif dilaksanakan dengan baik karena dari hasil perhitungan yang ada nilai rata-rata adalah baik yaitu 3,32 dari skala 1-4. Prinsip transparan dilaksanakan dengan baik karena dari hasil perhitungan yang ada nilai rata-rata adalah baik yaitu 3,23 dari skala 1-4. Prinsip akuntabel dilaksanakan dengan baik karena dari hasil perhitungan yang ada nilai rata-rata adalah baik cenderung sangat baik yaitu 3,59 dari skala 1-4. Prinsip demokratis dilaksanakan dengan baik karena dari hasil perhitungan yang ada nilai rata-rata adalah baik cenderung sangat baik yaitu 3,61 dari skala 1-4. Prinsip efektif dan efisien dilaksanakan dengan baik karena dari hasil perhitungan yang ada nilai rata-rata adalah baik cenderung sangat baik yaitu 3,63 dari skala 1-4. Prinsip tertib administrasi dan pelaporan dilaksanakan dengan baik karena dari hasil perhitungan yang ada nilai rata-rata adalah baik yaitu 3,31 dari skala 1-4. Prinsip saling percaya dilaksanakan dengan baik karena dari hasil perhitungan yang ada nilai rata-rata adalah baik yaitu 3,71 dari skala 1-4.