PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION, PERCEIVED QUALITY DAN BRAND LOYALTY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN POPOLUCA THE LABEL

Main Author: BRENDA, JUDITH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/23653/1/KOM%20005659.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/23653/2/KOM%20105659.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/23653/3/KOM%20205659.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/23653/4/KOM%20305659.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/23653/5/KOM%20405659.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/23653/
Daftar Isi:
  • Industri fashion lokal saat ini sedang berkembang pesat di Indonesia. Semangat generasi muda Indonesia dalam membangun merek sendiri juga tampaknya disambut baik oleh tingginya antusiasme konsumen terhadap produk lokal. Salah satu merek fashion lokal yang berkembang pesat adalah Popoluca The Label, merek fashion khusus perempuan asal Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh brand awareness,brand association, perceived quality dan brand loyalty dari sudut pandang konsumen terhadap keputusan pembelian merek Popoluca The Label. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan membagikan kuesioner online kepada sejumlah 243 responden yang merupakan konsumen Popoluca The Label melalui fitur direct message di Instagram dan ftur personalgroup chat di LINE. Sementara itu, analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, brand awareness tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan tiga elemen lainnya yaitu brand association, perceived quality dan brand loyalty secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian hasil uji pengaruh menunjukkan bahwa secara simultan atau bersama-sama, brand awareness, brand association, perceived quality dan brand loyalty berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan sumbangan pengaruh sebesar 61,2% sementara 38,8% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.