LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN RUMAH LEGO SEBAGAI SARANA REKREASI YANG BERBASIS EDUKASI DI SURABAYA
Main Author: | RACHMADANI, ALDEA FEBRYAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/23390/1/TA%20015422.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/23390/2/TA%20115422.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/23390/3/TA%20215422.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/23390/4/TA%20315422.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/23390/5/TA%20415422.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/23390/6/TA%20515422.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/23390/ |
Daftar Isi:
- Surabaya merupakan kota metropolitan terbesar ke-2 di Indonesia. Kota yang memiliki slogan “Sparkling Surabaya” memiliki konsep kota wisata berbasis bisnis. Fasilitas-fasilitas modern berskala nasional hingga internasional guna menunjang keperluan MICE (Meeting, Incentives, Conference and Exhibition) sudah dimiliki. Masyarakatnya pun memiliki banyak komunitas dari berbagai macam bidang. Salah satu komunitas yang cukup terkenal di Surabaya adalah komunitas AFOL (Adult Fan Of LEGO). Permainan LEGO merupakan permainan yang dapat mengasah daya kreativitas anak hingga 82% dan mampu menjadi terapi bagi penderita autis. Melihat potensi yang ada, hal ini mendorong usulan pembangunan Rumah LEGO dengan fungsi galeri dan workshop yang dapat menjadi sarana rekreasi yang juga mengedukasi dengan meningkatkan kreativitas pengunjungnya. Sebagai bangunan komersial dan galeri, bangunan ini harus atraktif dan representatif agar dapat menarik pengunjungnya. Melalui pengolahan ruang luar dan ruang dalam dengan pendekatan metafora LEGO akan menjadi vocal point dari bangunan ini. Sehingga bangunan ini akan dengan mudahnya dikenali bagi calon pengunjungnya.