LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR E-SPORTS ARENA DI YOGYAKARTA

Main Author: Boentoro, Andrey Agustinus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/23177/1/1301146991.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/23177/2/1301146995.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/23177/3/1301146996.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/23177/
Daftar Isi:
  • Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia, hal ini disebabkan penggunaan internet yang mudah diakes oleh setiap orang. Penggunaan internet yang sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat di Indonesia berpengaruh terhadap pemanfaatan internet dalam kehidupan sehari- hari, salah satunya adalah game. Game yang sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab berkembangnya E-Sports di Indonesia. ESports yang merupakan game bersifat kompetitif mulai dilirik oleh banyak orang sebagai sebuah peluang untuk dijadikan sebuah usaha atau pekerjaan. Dengan mudahnya akses internet di akses oleh semua orang menyebabkan remaja- remaja yang masih labil terhadap masa depannya lebih memilih untuk bermain game dari pada bersekolah, hal ini dikarenakan meraka merasa dapat sukses menjadi pemain E-Sports profesional tanpa mengetahui proses yang diperlukan untuk menjadi pemain E-Sports profesional. Perancangan E-Sports Arena berfungsi untuk memenuhi kebutuhan ruang untuk para komunitas E-Sports, yang saat ini masih belum ada di Yogyakarta untuk memfasilitasi masyarakat dalam bentuk tempat pelatihan E-Sports maupun arena pertandingan. Konsep perancangan E-Sports Arena akan menggunakan konsep futuristik, yang menyesuaikan dengan fungsi dari bangunan sebagai E-Sports Arena yang menggambarkan olahraga masa depan melalui video games kompetitif yang selalu berkembang dengan teknologi- teknologi baru.