PENGARUH FENOMENA UNDERPRICING PADA PASAR PENAWARAN UMUM PERDANA SAHAM (IPO) TERHADAP PERBEDAAN OPINI INVESTOR DIMODERASI OLEH PENELUSURAN GOOGLE

Main Author: CHIVIANTI, MEGEN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/22966/1/16%2003%20022455.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22966/2/16%2003%20122455.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22966/3/16%2003%20222455.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22966/4/16%2003%20322455.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22966/5/16%2003%20422455.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22966/6/16%2003%20522455.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22966/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh perhatian investor individual (attention) terhadap hubungan antara perubahan harga dan pergerakan volume. Perbedaan opini akan muncul ketika terjadi sebuah kesalahan dalam estimasi akibat tidak tersedianya informasi atau adanya keterbatasan informasi. Pada saat perusahaan akan melakukan IPO, investor akan mencari informasi mengenai data perusahaan dan akan menafsirkan data secara berbeda yang memunculkan ketidaksepakatan (disagreement) antar investor. Perhatian investor merupakan mekanisme ketidaksepakatan (disagreement). Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling method. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) pada tahun 2015-2019. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan moderate regression analysis untuk menguji perhatian investor (attention) dalam memoderasi pengaruh fenomena underpricing pada pasar penawaran umum perdana saham (IPO) terhadap perbedaan opini (divergence of opinion). Moderate regression analysis dilakukan dengan program SPSS Statistics Ver.21 for Windows. Keputusan pengambilan keputusan hipotesis dilakukan dengan memperhatikan nilai probabilitas signifikansi dari hasil pengujian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perhatian investor individual (attention) memperlemah pengaruh fenomena underpricing pada pasar penawaran umum perdana saham (IPO) dengan perbedaan opini (divergence of opinion).