Analisis Pengaruh Pandemi COVID-19 Pada Sentimen Pariwisata dan Analisis Jaringan Semantik Pada Media Sosial

Main Author: Aji, Agustinus Excel Prasetya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/22714/1/1607088551.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22714/2/1607088553.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22714/3/1607088554.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22714/4/1607088555.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22714/
Daftar Isi:
  • Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki beragam destinasi wisata yang banyak digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Tingginya angka kunjungan wisatawan mendorong perkembangan industri pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada awal tahun 2020 Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 yang berdampak pada banyak sektor, salah satunya sektor pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menemukan sentimen dan melakukan komparasi tren pada objek wisata sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 serta membuat jaringan semantik berdasarkan analisis sentimen untuk dilakukan intepretasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini berupa analisis sentimen menggunakan Naïve Bayes dan jaringan semantik menggunakan co-occurrence matriks, yang kemudian dilakukan komparasi tren pada objek wisata sebelum dan sesudah pandemi Covid-19. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari media sosial Twitter. Hasil penelitian ini menunjukan pola pengguna media sosial Twitter dalam melakukan pembahasan objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki tren yang berbeda-beda pada setiap objek wisata. Adanya pandemi Covid-19 mempengaruhi sentimen pengguna media sosial twitter dalam melakukan pembahasan objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan adanya kenaikan nilai sentimen negatif. Berdasarkan peningkatan nilai sentimen negatif pengguna media sosial Twitter pada objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta pelaku industri pawisata serta pemerintah dapat melakukan peningkatan komponen daya tarik wisata berdasarkan tren yang ada