“Analisis Tingkat Kesiapan Civitas Akademika Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam Penerapan Metode Belajar Blended Learning menggunakan Metode ELR(E-Learning Readiness)”

Main Author: Kurniawan, Saverius Rischo Setyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/22522/1/1617089441.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22522/2/1617089443.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22522/3/1617089444.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22522/
Daftar Isi:
  • Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat ini telah mencanangkan program kampus merdeka, sehingga proses belajar mengajar saat ini diharapkan dapat menjadi lebih baik lagi dan tentunya akan memberikan kenyamanan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dengan memanfaatkan teknologi adalah Blended Learning. Blended Learning merupakan metode pembelajaran tatap muka yang dikombinasikan dengan pemanfaatan teknologi. Universitas Atma Jaya Yogyakarta melalui Rektor mengeluarkan SK Rektor yang menghimbau kepada seluruh dosen di Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk menerapkan metode Blended Learning di tahun ajaran 2019/2020. Penerapan pembelajaran Blended Learning di Universitas Atma Jaya Yogyakarta merupakan yang pertama kali, sehingga perlu diukur kesiapan penerapan Blended Learning dari berbagai aspek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan penerapan pembelajaran Blended Learning pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Oleh karena itu pada penelitian ini, peneliti akan mengukur tingkat kesiapan Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam penerapan metode pembelajaran Blended Learning. Peneliti akan memakai model ELR (E-Learning Readiness) yang dicetuskan oleh Aydin & Tasci untuk mengukur tingkat kesiapan. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai tingkat kesiapan penerapan metode belajar Blended Learning di Universitas Atma Jaya Yogyakarta sebesar 3,58 yang berarti siap dan perlu sedikit peningkatan.