ANALISIS MENGENAI KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP FASILITAS TERMINAL KEBERANGKATAN BANDAR UDARA RENDANI, MANOKWARI, PAPUA BARAT
Main Author: | TAMPANG, ANDIKA ARED |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/22360/1/TS%20015355.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/22360/2/TS%20115355.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/22360/3/TS%20215355.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/22360/4/TS%20315355.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/22360/5/TS%20415355.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/22360/6/TS%20515355.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/22360/7/TS%20615355.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/22360/ |
Daftar Isi:
- Ketersediaan fasilitas dan pelayanan yang diberikan di Bandar Udara Rendani, Manokwari dianggap masih kurang sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap fasilitas yang sudah ada diterminal keberangkatan serta menyesuaikannya dengan peraturan yang tersedia. Penelitian Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan fasilitas diterminal keberangkatan Bandar Udara Rendani, Manokwari serta menyesuaikannya dengan peraturan/ ketentuan yang ada. Pada penelitian ini, informasi pengguna jasa bandar udara didapatkan dengan penyebaran 295 kuesioner. Uji validitas, reliabilitas, Importance Performance Analysis ( IPA ), dan Analisis Deskriptif dilakukan dengan program SPSS versi 23 dan Microsoft Office Excel. Dalam menghitung persyaratan teknis fasilitas sisi darat bandar udara dihitung berdasarkan standar teknis Direktur Jendral Perhubungan Udara SKEP/77/VI/2005. Dari hasil pengujian Diagram Importance Performance Analysis ( IPA ), menunjukan penumpang sudah cukup puas akan pelayanan fasilitas diterminal jalur keberangkatan Bandar Udara Rendani, Manokwari. Berdasarkan perhitungan beberapa fasilitas terminal sudah tidak memenuhi ketentuan Direktur Jendral Perhubungan Udara SKEP/77/VI/2005. Terdapat 7 dari 8 faktor yang belum memenuhi syarat dan perlu ditingkatkan yaitu kerb keberangkatan, hall keberangkatan, check-in area, ruang tunggu keberangkatan, dan fasilitas umum/ toilet. Penambahan fasilitas : check-in counter = 34 buah, tempat duduk ruang tunggu keberangkatan lantai 2 = 75 buah.