USULAN PENGEMBANGAN PRODUK BUKU CATATAN BERDASARKAN PREFERENSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE CONJOINT ANALYSIS

Main Author: Aswirawan, Alfonsus Satria Budiluhur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/22270/1/06085280.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22270/2/06085281.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22270/3/06085282.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22270/4/06085283.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/22270/
Daftar Isi:
  • Industri kreatif tidak lepas dari bagian ekonomi kreatif. Industri kreatif adalah industri yang memanfaatkan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut (Kementerian Perdagangan Indonesia, 2009). Salah satu produk dari industri kreatif ini adalah buku catatan (notebook). Salah satu produsen buku catatan di Indonesia adalah “Leon Paperworks” yang terletak di Yogyakarta. Persaingan pasar produk buku catatan membuat pihak “Leon Paperworks” mengalami penurunan dalam penjualannya. Pemilik “Leon Paperworks” menginginkan produk yang diminati banyak konsumennya guna menaikkan angka penjualan. Preferensi konsumen didefinisikan sebagai subjektif individu yang diukur dengan utilitas berbagai jenis produk. Metode penelitian untuk menentukan preferensi konsumen menggunakan metode conjoint analysis. Kuesioner penelitian conjoint analysis dilakukan dengan melibatkan 100 responden. Terdapat 3 atribut dari produk buku catatan yang akan diteliti yaitu harga produk, jenis cover, dan desain cover. Penelitian ini menggunakan software SPSS untuk pengolahan data dan mendapatkan hasil dari kuesioner penelitian. Hasil dari penelitian ini berupa nilai kegunaan taraf atribut dan tingkat kepentingan atribut. Hasil perhitungan penelitian menunjukkan bahwa nilai kegunaan dari taraf atribut harga produk, jenis cover, dan desain cover masing-masing adalah 0,18 (Rp 30.001-Rp 40.000), 1,440 (soft cover), dan 0,267 (Pattern). Kemudian tingkat kepentingan dari atribut harga produk, jenis cover, dan desain cover adalah masing-masing 28,402%, 37,914%, dan 33,683%. Sehingga usulan pengembangan produk buku catatan yang diberikan yaitu produk buku catatan dengan harga produk Rp 30.001-Rp 40.000, jenis cover menggunakan soft cover, dan desain cover dengan tema Pattern.