LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PERANCANGAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PARIWISATA DI SLEMAN, D.I YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGI
Main Author: | DEVI, LARAS SINTIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/21860/1/150115912.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/21860/ |
Daftar Isi:
- Sebagai salah satu fokus utama kebijakan pembangunan ekonomi Indonesia, sektor pariwisata adalah jawaban yang dicari dalam mengurangi tingkat pengangguran. Alasan lainnya karena pengeluaran modal di sektor tersebut lebih sedikit dibandingkan sektor lainnya. SDM (sumber daya manusia) adalalah kunci utama pengembangan sektor pariwisatam sehingga perlu adanya instansi pendidikan dalam pelatihan SDM. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah instansi pedidikan yang dipilih karena siswa dididik untuk langsung terjun ke lapangan kerja dan memenuhi keinginan pemerintah dalam menaikkan jumlah SMK. Permasalahan serius mengenai ekonomi merambah ke berbagai daerah, salah satunya adalah Kabupaten Sleman. Perkembangan dunia pendidikan khususnya di Indonesia yang belum merata, memberikan dampak pada peningkatan jumlah tingkat pengangguran. Solusi untuk memperkecil potensi penggangguran adalah tren berwirausaha. Pelajaran kewirausahaan di SMK belum di implementasikan sepenuhnya. Pembangunan SMK Pariwisata menyediakan tenaga kerja agar Sleman semakin berkembang. Pertanggungjawaban sosial dan ekonomi pada kebutuhan ruang dan cara mengefektifkan kinerja kewirausahaan, sedangkan pertanggungjawaban lingkungan dari konsep arsitektur ekologi. Pada pertanggungjawaban ekonomi, ruang praktik siswa merupakan tempat agar siswa memahami tahap dan cara- cara dalam berbisnis, baik dari pembentukan ide, pembuatan, manajemen waktu dll. RPS perlu menjadi ruang fleksibel bagi siswa SMK, menjadi ruang diskusi.