PENGARUH STIMULI PRODUK TERHADAP SIKAP UTILITARIAN, SIKAP HEDONIS DAN NIAT BELI PRODUK TIRUAN Studi Pada Produk Sepatu Sneakers Merek Tiruan
Main Author: | Sipayung, Lily Artha Utami Br |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/21175/1/EM22240.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/21175/ |
Daftar Isi:
- Pentingnya kebutuhan berbusana yang mengikuti tren atau gaya dari masa ke masa membuat kita semakin konsumtif terhadap produk fashion, salah satunya adalah sepatu. Munculnya tren yang disebut street wear menjadikan generasi muda terutama kaum Milenial tidak terlepas dari salah satu sepatu jenis kets (sneakers) yang sering digunakan sebagai salah satu gaya dalam berbusana. Perilaku konsumtif terhadap produk mode bermerek memberikan keuntungan kepada distributor sepatu sneakers dengan merek tiruan. Beberapa sepatu dengan merek tertentu ditawarkan dengan harga yang tentunya tidak bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. oleh sebab itu, demi tetap mendukung penampilan dengan sepatu bermerek, banyak konsumen yang membeli sepatu bukan pada outlet resminya dan bersikap diuntungkan dengan adanya produk bermerek tiruan (KW). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stimuli produk terhadap sikap utilitarian, sikap hedonis, dan niat beli produk tiruan (counterfeit product). Kriteria sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa/i di Daerah Istimewa Yogyakarta yang pernah membeli produk sepatu sneakers bermerek tiruan (KW). Penelitian ini menggunakan 181 sampel dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji Independent sample t-test dan Oneway ANOVA dengan bantuan IBM SPSS Statistics 21. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa variabel tampilan produk, pencarian kebaruan, kerentanan normatif, dan kerentanan informasi tidak berpengaruh signfikan terhadap sikap konsumen pada niat beli produk sepatu sneakers bermerek tiruan. Kata kunci: SOR Model, produk tiruan (counterfeit product), sikap utilitarian,sikap hedonis dan niat beli