PERPUSTAKAAN ANAK DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ANAK

Main Author: FEBRIANA, SINTIA KORI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/21132/1/TA16290.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/21132/
Daftar Isi:
  • Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini masih terbilang rendah, hal tersebut didasari dari jumlah kasus buta huruf di Indonesia yang masih cukup tinggi. Berdasarkan badan pusat statistik tentang presentase buta huruf di Yogyakarta pada tahun 2017 terdapat 0,20% masyarakat usia 15-44 tahun yang buta huruf, sedangkan untuk usia 45 tahun ke atas tercatat 12,38%. Peran perpustakaan sebagai salah satu institusi untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi guna meningkatkan minat baca, memperluas wawasan dan pengetahuan, serta meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa mulai tergeser oleh perkembangan teknologi yang semakin memudahkan penggunanya sehingga menciptakan suatu ketergantungan, selain itu perpustakaan masih dianggap kaku bagi sebagian masyarakat. Untuk menarik kembali minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan diperlukan perencanaan dan perancangan perpustakaan yang menarik dengan suasana ruang yang nyaman dan aman. Perancangan bangunan Perpustakaan Anak di Yogyakarta ini sebagai fasilitas untuk menumbuhkan dan membangun karakter dan kebiasaan membaca dengan menekankan aspek edukatif dan rekreatif melalui perancangan ruang dalam dengan pendekatan psikologi anak. Kata Kunci: Perpustakaan, Anak, Edukatif, Rekreatif, Psikologi anak