PENENTUAN FAKTOR FAKTOR PENTING DALAM E-LEARNING MENGGUNAKAN ASPEK USABILITY DAN METODE USELEARN
Main Author: | FEBRIAWAN, DAMIANUS RONI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/20595/1/TF08193%200.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/20595/2/TF08193%201.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/20595/3/TF08193%202.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/20595/4/TF08193%203.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/20595/5/TF08193%204.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/20595/6/TF08193%205.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/20595/7/TF08193%206.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/20595/ |
Daftar Isi:
- E-learning adalah sebuah system yang dirancang khusus unuk mendukung proses pembelajaran yang memanfaatkan media elektronik, dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan kefektifan waktu pembelajaran. Aspek paling penting dalam melihat kualitas dari sebuah web adalah usability. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi Situs Kuliah UAJY menggunakan metode Uselearn. Uselearn adalah metode evaluasi usability yang mana meninjau sistem E-learning dari perspektif kualitas dan usability Hasil yang didapat setelah pengolahan data menggunakan SEM terbentuk 3 dimensi usability yaitu Consistency & Functionality (CF), Course Management (CM), Dan Interactivity, Feedback And Help (IFH). Di dukung dengan analisis eyetracker dengan melihat titik focus heatmap dan fiksasi pergerakan mata. Maka memperoleh hasil diperlukannya perbaikan yang sesuai dari masing – masing dimensi dan referensi dari simulasi pengerjaan tugas yang dianalisis menggunakan eye tracker. Perbaikan yang bisa dilakukan yaitu pengelompokan atau sortir untuk semua matakuliah berdasarkan waktu, penambahan fitur pencarian untuk semakin mempermudah pengguna sehingga dapat mempercepat proses pencarian, dengan merubah pemilihan penggunaan icon dan kode yang masih ambigu, dan pemanfaatan fungsi komunikasi antara mahasiswa dengan dosen dengan forum diskusi