ANALISIS DAMPAK HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus Jalan Glagahsari, Yogyakarta)

Main Author: PEBRIANTO, RIKI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/20168/1/TS15528.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/20168/
Daftar Isi:
  • Jalan Glagahsari merupakan jalan dimana banyak terdapat aktifitas pertokoan, rumah makan dan pedagang kaki lima (PKL) yang cukup padat. Aktifitas tersebut mengakibatkan banyaknya kendaraan bermotor yang masuk maupun keluar dari Jalan Glagahsari serta kendaraan konsumen yang parkir di samping jalan. Tidak jarang pula kendaraan roda empat yang parkir sebagian memakan badan membuat kondisi jalan menjadi terhambat hingga mengakibatkan kemacetan. Penelitian pada Ruas Jalan Glagahsari dilakukan dengan cara pengambilan data primer berupa volume lalu lintas, waktu tempuh, hambatan samping dan data sekunder berupa jumlah penduduk. Pengambilan data dilakukan selama tiga hari berturut – turut yaitu pada hari Sabtu, 9 Maret 2019, hari Minggu, 10 Maret 2019 dan hari Rabu, 20 Maret 2019. Analisis dilakukan berdasarkan ManualKapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 Dari hasil analisis dan pengamatan, didapat Q sebesar 1302,35 smp/jam, total frekuensi hambatan samping sebesar 641,7 smp/jam. Kecepatan arus bebas (FV) sebesar 31,26 km/jam, kecepatan rata-rata kendaraan ringan menurut pengamatan sebesar 24 km/jam, waktu tempuh rata-rata 15 detik, kapasitas 1806,115 smp/jam, dan derajat kejenuhan sebesar 0,731.