STRATEGI POSITIONING UNISI RADIO 104,5 FM
Main Author: | Guterres, Antonio A. F. M |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/20148/1/KOM04615.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/20148/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki fokus pada strategi positioning Unisi radio 104.5 FM dan aktivitas branding untuk memperkuat strategi positioning tersebut. Penelitian ini menggunakan tahapan tahapan prosedur penempatan posisi sebagai acuan untuk meneliti strategi positioning yang dijalankan oleh Unisi radio 104.5 FM dan aktivitas branding untuk memperkuat strategi positioning. Strategi positioning diperlukan untuk membantu perusahaan dalam meletakkan citra, nilai baik sebuah produk dalam benak konsumen atau pangsa pasar sehingga produk tersebut terlihat lebih unggul dan memiliki kekhasan dari produk pesaing atau kompetitor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi positioning yang dilakukan oleh Unisi radio 104.5 FM. Metode yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara langsung pada beberapa narasumber dan data yang langsung diberikan oleh perusahaan sebagai data primer. Adapun data sekunder yang peneliti gunakan pada penelitian ini yaitu data dari situs yang berhubungan dengan positioning radio. Penelitian ini menemukan bahwa strategi positioning yang dilakukan oleh Unisi radio 104.5 FM dalam upaya penempatan posisi sebagai radio anak muda dinamis as always positive tidak berurutan, tidak mempunyai urutan baku seperti delapan tahapan prosedur yang dikemukakan oleh Kotler dan Keller (2008). Namun ada enam prosedur yang dilakukan, yaitu : (a) menentukan produk yang ada di pasar, (b) pendataan kebutuhan pelanggan, (c) mengidentifikasi pesaing dan mengidentifikasi kesenjangan posisi, (d) menentukan standar evaluasi dan membuat perceptual map, (e) merencanakan dan menjalankan strategi positioning, (f) memantau posisi. Dari enam komponen prosedur, empat diantaranya adalah aktivitas riset. Dari empat aktivitas riset, tiga riset untuk penetapan strategi positioning yaitu : (a) kebutuhan pelanggan, (b) mengidentifikasi pesaing dan mengidentifikasi kesenjangan posisi, (c) menentukan standar evaluasi dan membuat perceptual map dan satu untuk memantau posisi / monev