PROSES PENCIPTAAN VISUAL CORPORATE IDENTITY SEBAGAI PEMBENTUK CITRA (Kasus pada Lomba untuk Logo Baru PT Kereta Api Indonesia (Persero))

Main Author: Ratnasari , Paskalia Ditha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/1951/1/0KOM03685.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/1951/2/1KOM03685.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/1951/3/2KOM03685.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/1951/4/3KOM03685.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/1951/5/4KOM03685.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/1951/
Daftar Isi:
  • Citra adalah satu kata yang sangat penting dan memiliki pengaruh besar bagi sebuah perusahaan. Untuk membentuk citra yang baik di mata publik baik internal maupun eksternal, sebuah perusahaan harus memiliki corporate identity yang mencerminkan identitas perusahaan. Logo yang merupakan bagian dari corporate identity harus mencerminkan budaya perusahaan. Maka dari itu, dalam menentukan sebuah logo yang merupakan bagian dari corporate identity harus benar-benar diperhatikan karena penggunaannya untuk jangka panjang. Oleh karena yang menilai dan menentukan citra sebuah perusahaan adalah publik, PT KAI sengaja menciptakan logo baru perusahaannya dengan cara melombakannya. Hal tersebut dinilai efektif dan dilakukan agar masyarakat ikut menyumbangkan ide-ide kreatifnya serta menyampaikan harapannya tentang PT KAI di masa depan melalui komunikasi visual yang berupa gambar yang terdapat pada logo perusahaan. Logo yang baik terdiri dari perpaduan yang tepat antara logotype dan logogram sehingga pesan visual yang ingin disampaikan komunikator dapat dengan mudah dipahami oleh komunikan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus jamak karena menyangkut proses penciptaan visual yang dilakukan oleh pihak perusahaan dan si pembuat logo. Objek penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yaitu analisis yang dilakukan dengan menjelaskan hasil evaluasi. Menganalisis proses penciptaan visual corporate identity sebagai pembentuk citra dengan teori-teori yang digunakan serta korelasi antara perusahaan dan si pembuat logo. Hasil penelitian ini berupa temuan data mengenai proses penciptaan visual logo baru yang dilakukan perusahaan dan pemenang logo melalui wawancara mendalam kepada pihak-pihak yang terkait serta dari berbagai literatur dan media untuk memperkuat data utama. Kesimpulannya adalah proses penciptaan visual corporate identity sebagai pembentuk citra yang dilakukan PT KAI sangat unik dan kreatif karena masih jarang sebuah perusahaan yang melombakan identitas perusahaannya terlebih dalam hal simbol atau logo perusahaan yang digunakan dalam jangka panjang. Perubahan logo ini menjadi tugas baru PT KAI dalam meningkatkan kinerja pihak internal sehingga masyarakat dapat menilai perubahan yang ada yang nantinya akan berdampak pada pembentukan citra yang positif dalam hal pelayanan prima.