KEPUASAN MASYARAKAT SOLO TERHADAP BERITA DALAM SURAT KABAR SOLOPOS (Kepuasan Pembaca Solopos di Daerah Serengan terhadap Berita dalam Surat Kabar Solopos berdasarkan Gratification Sought dan Gratification Obtained)
Main Author: | P., AURELIA DEWANGGI H. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/1928/1/0KOM03043.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1928/2/1KOM03043.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1928/3/2KOM03043.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1928/4/3KOM03043.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1928/5/4KOM03043.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1928/ |
Daftar Isi:
- Masyarakat membutuhkan informasi untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam hal memperluas wawasan pegetahuan, memahami kedudukan serta perannya dalam masyarakat. Media massa hadir untuk memenuhi keutuhan tersebut. Salah satu media massa adalah media cetak. Sebagai media cetak yang berkembang di daerahnya sendiri, Solopos harus melihat apa yang sebenarnya dicari oleh khalayak berkaitan dengan kebutuhan yang diinginkan (Gratification Sought) dengan apa yang diperoleh khalayak berkaitan dengan kepuasan terhadap pemenuhan kebutuhan yang diinginkan (Gratification Obtained) melalui informasi dalam berita yang ditampilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat Solo terhadap berita surat kabar Solopos di kecamatan Serengan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang merujuk pada orang-orang yang telah membaca Solopos secara berkala. Penelitian ini meneliti 100 responden tersebut dengan membandingkan antara motif (Gratification Sought) dan harapan yang diperoleh (Gratification Obtained). Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat kecamatan Serengan merasakan kebutuhannya terpenuhi terhadap berita dalam surat kabar Solopos pada kategori identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, dan hiburan. Sedangkan pada motif informasi, responden merasakan ketidakpuasan karena kebutuhan akan informasi tidak terpenuhi. Hal ini dilihat dari uji paired sampel ttest.