PENGARUH CAPITAL STRUCTURE, PROFITABILITAS, CURRENT RATIO, DAN SALES GROWTH TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 – 2017)

Main Author: Tifani, Veronica Selviana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/18963/1/EA20419.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/18963/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh capital structure, profitabilitas, current ratio,dan sales growth terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2017. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dalam bentuk laporan keuangan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan website perusahaan masing-masing periode tahun 2015-2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan 14 sampel perusahaan perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman dengan total observasi 42 selama periode pengamatan tahun 2015-2017. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu; variabel independen meliputi capital structure, profitabilitas, current ratio,dan sales growth. Sedangkan untuk variabel dependennya adalah nilai perusahaan. penelitian ini dianalisis dengan menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa capital structure (DER) dan profitabilitas (NPM) berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan current ratio (CR) berpengaruh negatif dan signifikan,dan sales growth (SG) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.