PENGARUH KOMUNIKASI MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada konsumen parfum merek AXE di Yogyakarta)

Main Author: Hendro, .
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/18880/1/EM21399.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/18880/
Daftar Isi:
  • Perusahaan harus mampu meningkatkan loyalitas konsumen pada produk atau jasa perusahaan. Loyalitas konsumen pada produk atau jasa perusahaan dapat dilakukan dengan meningkatkan kepercayaan konsumen pada sebuah merek melalui jalan peningkatan citra merek dan aktif mengkomunikasikan merek perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi merek, citra merek dan kepercayaan merek terhadap loyalitas merek. Penelitian mengambil sampel 150 orang konsumen pengguna parfum merek AXE di Yogyakarta yang telah menggunakan parfum merek AXE dalam enam bulan terakhir dan minimal pernah melakukan pembelian ulang parfum merek AXE sebanyak 2 kali. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari analisis regresi, path analysis, dan analisis Oneway Anova. Hasil penelitian: 1) Komunikasi merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap citra merek, kepercayaan merek dan loyalitas merek. 2) Citra merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek dan loyalitas merek. 3) Kepercayaan merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas merek. 4) Citra merek memediasi pengaruh komunikasi merek terhadap kepercayaan merek. 5) Kepercayaan merek memediasi pengaruh komunikasi merek maupun citra merek terhadap kepercayaan merek. 6) Terdapat perbedaan penilaian konsumen pada variabel komunikasi merek, citra merek, kepercayaan merek, loyalitas merek berdasarkan pekerjaan dan rata-rata pengeluaran per bulan.