PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN IMAGE, PRODUCT KNOWLEDGE, DAN PRODUCT INVOLVEMENT TERHADAP NIAT PENCARIAN INFORMASI DAN NIAT PEMBELIAN ULANG PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG

Main Author: GINTING, MAZMUR EMTIMANTA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/18652/1/EM20165.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/18652/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh country of origin image, product knowledge, dan product involvement terhadap niat pencarian informasi dan niat beli ulang produk smartphone Samsung, serta mengidentifikasi apakah ada perbedaan terhdap niat pencarian informasi dan niat beli ulang produk smartphone Samsung berdasarkan tingkat gender, usia, dan pendapatan/ uang saku perbulan. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online kepada mahasiwa/I yang sedang menempuh pendidikan di kota Yogyakarta khususnya di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dengan menggunakan sampel 140 mahasiswa yang pernah melakukan pembelian produk smartphone Samsung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh country of origin image, product knowledge dan product involvement memiliki pengaruh signifikan da positif terhadap niat pencarian informasi. Pada pengujian niat pembelian ulang, country of origin image tidak memiliki pengaruh signifikan dan positif, sedangkan product knowledge dan product involvement memiliki pengaruh signifikan dan positif. Selain itu, perbedaan gender, usia, dan pendapatan/ uang saku perbulan tidak menunjukan perbedaan berarti atau signifikan pada niat pencarian informasi. Pada pengujian niat beli ulang, perbedaan gender menunjukan perbedaan berarti atau signifikan, sedangkan perbedaan usia dan pendapatan atau uang saku perbulan tidak menunjukan perbedaan berarti atau signifikan.