PENENTUAN HARGA JUAL PADA PERUSAHAAN BATIK DI YOGYAKARTA (PRICING DECISION)
Main Author: | Rinaldy, Bramanthyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/18074/1/EA20194.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/18074/ |
Daftar Isi:
- Akuntansi manajemen merupakan suatu sistem informasi yang menghasilkan informasi untuk membantu manajer mengambil keputusan-keputusan dalam hal memimpin serta mengendalikan kegiatan-kegiatan perusahaan. Salah satu pengambilan keputusan yang tepat adalah penentuan harga jual. Penentuan harga jual yang tepat tentu akan memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan untuk mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh penentuan harga jual yang digunakan pada perusahaan batik di Daerah Istimewa Yogyakarta dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan dalam penerapan praktik penentuan harga jual antara perusahaan kecil dan menengah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan kuesioner kepada pemilik / manajer yang terlibat dalam penentuan harga jual pada perusahaan batik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari 50 kuesioner yang didistribusikan, sebanyak 30 kuesioner dapat diolah dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik deskriptif dengan menggunakan Sofware SPSS. Hasil analisis data menunjukkan praktik penentuan harga jual pada perusahaan batik di Daerah Istimewa Yogyakarta dominan menggunakan Cost Based Pricing, dimana biaya produksi menjadi faktor utama. Selain itu pelanggan merasakan manfaat produk menjadi faktor kedua dalam penentuan harga jual dan tidak melibatkan faktor persaingan yang ada di pasar. Mayoritas perusahaan menengah dominan menerapkan Value Based Pricing walaupun pada dasarnya untuk menentukan harga jual masih berpedoman pada biaya produksi.