PENGARUH SELEBRITI ENDORSER TERHADAP SIKAP DAN NIAT PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada iklan Adidas dengan bintang iklan Lionel Messi)

Main Author: Chrisnata, Ryan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/18026/1/EM21299.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/18026/
Daftar Isi:
  • Perusahaan harus melakukan berbagai macam usaha untuk meningkatkan niat pembelian konsumen. Membentuk skap konsumen yang positif pada produk atau jasa perusahaan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan niat pembelian konsumen. Sikap konsumen dapat distimuli dengan program periklanan dengan menggunakan seorang endorser dari kalangan selebriti yang populer. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kepercayaan (trustworthiness), keahlian (expertise), daya tarik (attractiveness), kemiripan (similarity), kesukaan (liking), familiaritas (famialirity), kesesuaian endorser dengan merek/produk (celebrity match-up congruence with the brand/product) terhadap sikap pada merek (attitude to the brand). Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk menguji pengaruh sikap pada merek (attitude to the brand) terhadap niat pembelian (purchase intention). Penelitian menggunakan sampel 200 orang yang pernah melihat iklan produk perlengkapan olahraga merek Adidas dengan bintang iklan Lionel. Metode analisis data terdiri dari analisis regresi linier berganda dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini adalah, 1) Kepercayaan (trustworthiness), keahlian (expertise), daya tarik (attractiveness), kemiripan (similarity), kesukaan (liking), familiaritas (famialirity), kesesuaian endorser dengan merek/produk (celebrity match-up congruence with the brand/product) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap konsumen pada merek (attitude to the brand) Adidas. 2) Sikap pada merek (attitude toward brand) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian (purchase intention) konsumen pada merek Adidas.