EVALUASI GEOMETRIK JALAN (Studi Kasus Jalan Lingkar Sorong-Pelabuhan Arar, Kabupaten Sorong, Papua Barat STA 0+000 Sampai STA 4+926)
Main Author: | TAPPANG, OTNIEL SUANDI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/17127/1/TS149390.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/17127/2/TS149391.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/17127/3/TS149392.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/17127/4/TS149393.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/17127/5/TS149394.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/17127/7/TS149395.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/17127/6/TS149396.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/17127/ |
Daftar Isi:
- Pembangunan jalan Lingkar Sorong-Pelabuhan Arar merupakan salah satu cara yang diharapkan memudahkan mobilisasi kebutuhan yang ada di Kabupaten Sorong. Mobilisasi menuju dan keluar dari pelabuhan yang didominasi oleh kendaraan dengan muatan besar menjadi alasan peneliti untuk mengevaluasi jalan tersebut dengan mengambil sampel pada tikungan P-5 STA 0+864, P-10 STA 3+763, dan P-13 STA 4+287. Dalam penelitian ini, digunakan data primer yang melputi data geometric,serta kondisi perkerasan yang ada pada jalan Lingkar Sorong- Pelabuhan Arar. Setelah data diperoleh, dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota (TPGJAK) Bina marga tahun 1997, lalu dibandingkan dengan kondisi eksisting jalan. Dari hasil perhitungan yang dilakukan pada jalan Lingkar Sorong- Pelabuhan Arar diperoleh hasil bahwa pada tikungan P-10 dan P-13 tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan Bina Marga. Berdasarkan data eksisting, tikungan P-10 dan tikungan P-13 menggunakan tipe tikungan Spiral-Circle-Spiral sedangkan menurut hasil perhitungan yang dilakukan, tikungan tersebut seharusnya menggunakan tipe tikungan Spiral-Spiral. Selain itu diperlukan perubahan superelevasi sehingga tikungan pada ruas jalan bisa menjadi lebih aman dan nyaman.