HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL CUSTOMER SERVICE DENGAN TINGKAT KEPUASAN KOMUNIKASI PELANGGAN JOGJA MEDIANET
Main Author: | Wiharja, Silvanus Tommy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/17018/1/KOM04699.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/17018/ |
Daftar Isi:
- Customer service sebagai ujung tombak dari Jogja MediaNet yang melayani pelanggan secara langsung diharapkan customer service mampu memberikan pelayanan yang baik. Pelanggan sebagai aset penting bagi keberlangsungannya dari Jogja MediaNet. Salah satu terjalinnya pelayanan yang baik dengan pelanggan adalah adanya komunikasi yang berkualitas antara customer service dengan pelanggan. Komunikasi yang berkualitas antara customer service dengan pelanggan adalah komunikasi interpersonal. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan menggunakan metode survai. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dengan teknik accidental sampling karena keterbatasan data populasi yang tidak boleh peneliti dapatkan, hal ini dikarenakan kebijakan perusahaan yang menjaga privasi dari pelanggan Jogja MediaNet. Pengujian hubungan antara kualitas komunikasi interpersonal customer service dengan tingkat kepuasan komunikasi pelanggan Jogja MediaNet menggunakan korelasi rank spearman dari Spearman. Hasil uji korelasi rank spearman menunjukkan bahwa kualitas komunikasi interpersonal customer service kategori kuat dengan nilai koefisien sebesar 0,755. Kualitas komunikasi interpersonal mempunyai hubungan yang kuat, hal tersebut terbukti dengan nilai korelasi dikategorikan kuat. Hipotesis pada penelitian ini terbukti bahwa ada hubungan antara kualitas komunikasi interpersonal customer service dengan tingkat kepuasan komunikasi pelanggan Jogja MediaNet.