PEMBANGUNAN APLIKASI PEMBELAJARAN DOKTER KECIL UNTUK SISWA SD BERBASIS MULTIMEDIA
Main Author: | W., Margareta Novita Shinta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/1682/1/0TF04752.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1682/2/1TF04752.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1682/3/2TF04752.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1682/4/3TF04752.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1682/5/4TF04752.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1682/6/5TF04752.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1682/7/6TF04752.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1682/ |
Daftar Isi:
- Dokter Kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah dilatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. Dokter Kecil diharapkan bisa menumbuhkan kaderkader kesehatan kecil dan menanamkan arti hidup sehat sejak dini dan untuk memberikan pendidikan kesehatan bagi masyarakat sehingga dapat menyiapkan sumber daya manusia untuk masa depan sebagai pahlawan kesehatan Indonesia. Dokter Kecil juga dapat menyuarakan perilaku hidup sehat dan gizi seimbang kepada siswa lain yang nantinya akan mempengaruhi perilaku hidup sehat dalam keluarga dan lingkungan. Dari permasalahan diatas maka dikembangkan aplikasi pembelajaran dokter kecil untuk siswa SD berbasis multimedia (DokCil). DokCil dibuat semenarik mungkin dengan bantuan 5 elemen dasar multimedia yaitu teks, suara, gambar, animasi dan video. Aplikasi pembelajaran dibuat dengan bantuan multimedia agar lebih menarik dan mudah dimengerti oleh anak dalam menyimak materi dokter kecil serta memudahkan guru dalam memberikan penjelasan kepada anak. Aplikasi ini diimplementasikan dengan menggunakan Macromedia Flash MX Proffesional 2004 dan Adobe Photoshop CS3 sebagai aplikasi pendukungnya. Pengujian terhadap aplikasi DokCil dilakukan dengan 2 cara yaitu pengujian fungsionalitas dan pengujian pengguna. Pengujian fungsionalitas dilakukan oleh pembuat aplikasi sedangkan pengujian pengguna dilakukan dengan bantuan 30 responden anak kelas IVV SD. Dari hasil keseluruhan pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi DokCil dapat berjalan dengan baik dan sebagian besar responden menyatakan setuju bahwa aplikasi DokCil menarik untuk digunakan sebagai media penambah pengetahuan tentang dokter kecil. Jadi, aplikasi ini dapat dijadikan sebagai salah satu sarana pembelajaran dokter kecil untuk siswa SD serta dapat digunakan sebagai metode pendekatan yang baru bagi guru ataupun petugas kesehatan dalam menerangkan materi dokter kecil.