PEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PEMBERIAN INFORMASI PRODUK TERBARU PADA TOKO HANDPHONE

Main Author: Sasono, Yohanes Agung
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/1679/1/0TF04513.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/1679/2/1TF04513.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/1679/3/2TF04513.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/1679/4/3TF04513.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/1679/5/4TF04513.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/1679/6/5TF04513.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/1679/
Daftar Isi:
  • Handphone adalah salah satu alat komunikasi yang sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat. Maraknya penggunaan handphone saat ini, membuat persaingan untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan semakin ketat. Sedangkan, suatu perusahaan membutuhkan pelanggan untuk dapat terus menjalankan usahanya. Kehadiran Customer Relationship Management (CRM) dapat menjadi jawaban masalah tersebut. Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mempertahankan pelanggan, dengan strategi ini dapat dipelajari lebih jauh mengenai kebutuhan dan tingkah laku pelanggan sehingga dapat mengetahui kebutuhan pelanggan dan membentuk hubungan yang kuat dengan pelanggan. Dalam penerapan CRM dibutuhkan aplikasi database pelanggan agar dapat mengetahui profil pelanggannya secara lebih mendetail, kebutuhan pelanggan dan pola transaksi dengan perusahaan. Aplikasi CRM untuk toko handphone ini adalah aplikasi berbasis web yang mampu mengklasifikasikan pelanggan yang sering berganti produk handphone, yang tertarik akan produk‐produk handphone terbaru dan memberikan perlakuan khusus terhadap pelanggan tersebut dengan memberikan informasi yang disampaikan dengan layanan SMS Gateway agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan.