SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENILAIAN KINERJA DOSEN MENGGUNAKAN METODE FUZZYAHP DI DILI INSTITUTE OF TECHNOLOGY (DIT)

Main Author: GODINHO, MANUEL SOARES
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/16560/1/MTF02260.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/16560/
Daftar Isi:
  • Pada umumnya Perguruan tinggi pasti memiliki sistem dalam melakukan evaluasi dan monitoring proses pembelajaran yang dilakukan dengan mengumpulkan data evaluasi dan umpan balik dari mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Dili Institute of Technology (DIT) memperoleh hasil akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Kementerian Pendidikan Timor Leste dan Agéncia Nacional Para A Avalição E Acreditação Académica (Anaa) sebesar 92.88%. Hasil tersebut mendorong para pihak manajemen dalam mempertahankan atau meningkatkan nilai akareditasi tersebut dengan mempersiapkan tenaga kerja yang lebih professional melalui evaluasi system pengelolaan dan pengukuran kinerja dosen yang masih dilakuakan secara manual serta tidak terlalu efektif dan efisien sehingga, keakuratan dari hasil evaluasi tersebut masih terkendala dan berdampak pada tingkat manajerial dalam proses pengambilan keputusan. Penerapan Metode AHP (Analytical Hierarcy Process) dan Fuzzy merupakan langkah penting dalam menentukan indicator atau kriteria-kriteria yang berkorelasi dengan kinerja dosen sehingga nilai yang sudah diperoleh dapat dihitung dengan Fuzzy untuk mendapatkan bobot nilai berdasarkan indicator yang ada serta mampu memodelkan fungsi-fungsi non linier yang sangat kompleks dan memiliki toleransi terhadap data yang tidak tepat dengan menggunakan bahasa alami agar mudah untuk di mengerti dalam mengambil keputusan. Kolaborasi dari kedua metode tersebut tentunya memiliki efisiensi dan efektiftas yang sangat tinggi dibandingkan dengan evaluasi kinerja dosen dengan system konvensional. 0,901927 hasil tersebut bisa dijadikan rekomendasi oleh institusi untuk mengevaluasi kinerja setiap dosen guna meningkatkan profesionalisme dosen dalam mempertahankan nilai akreditasi serta dapat berkompetisi pada era globalisasi ini.