PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH EWOM TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi e-wom di media sosial)

Main Author: Fiesta, Ernsi La
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/16470/1/EM20446.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/16470/
Daftar Isi:
  • Salah satu cara untuk memperoleh konsumen dalam jumlah yang lebih banyak adalah dengan meningkatkan niat pembelian konsumen pada produk atau jasa perusahaan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan niat pembelian konsumen. Menciptakan citra merek yang kuat dan rekomendasi dari mulut ke mulut (WOM) merupakan beberapa cara untuk meningkatkan niat konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menguji peranan citra merek dalam memediasi pengaruh e-WOM terhadap niat pembelian konsumen. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk menguji perbedaan penilaian konsumen pada variabel e-WOM citra merek dan niat pembelian konsumen pada produk smartphone merek Samsung maupun iPhone. Penelitian dilakukan pada 200 orang konsumen pengguna produk smartphone merek Samsung atau iPhone. Metode analisis data yang digunakan adalah path analysis dan analisis independent sample t-test. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) e-WOM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap citra merek. 2) e-WOM memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli. 3) Citra merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat beli. 4) Citra merek memediasi sebagian pengaruh e-WOM terhadap niat pembelian konsumen pada produk smartphone (Samsung atau iPhone). 5) Terdapat perbedaan penilaian konsumen pada variabel citra merek antara konsumen yang berencana membeli smartphone merek Samsung atau iPhone.