ANALISIS SENTIMEN OPINI MASYARAKAT TERHADAP E-COMMERCE INDONESIA MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Main Author: Napitupulu, Ira Yuni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/15759/1/TF07750.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/15759/
Daftar Isi:
  • Di zaman milenial sekarang banyak orang yang senang untuk mengemukakan pendapat mereka di depan publik. Tempat yang sering digunakan untuk mengemukakan pendapat mereka adalah di media sosial dan Indonesia merupakan salah satu pengguna media sosial terbesar. Salah satu media sosial yang digunakan yaitu Twitter yang menjadikannya sebagai tempat menampung opini maupun perasaan yang dialami dengan cara membuat tweets. Media sosial bahkan menjadi tempat untuk mencari informasi sebuah produk, memberi penilaian tentang produk, hingga melakukan proses jual beli secara online. Maraknya produk baru bermunculan di Indonesia seperti gadget, elektronik, pakaian dan sebagainya membuat orang-orang berlomba segera membelinya untuk menaikkan tingkat sosialnya. Melihat hal tersebut, banyak perusahaan yang mulai membangun berbagai macam e-Commerce. Salah satu e-Commerce yang populer di Indonesia adalah Tokopedia, semenjak kemunculannya banyak opini yang tersebar di Twitter mengenai e-Commerce tersebut. Penelitian ini akan dianalisis dengan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) untuk proses pengklasifikasian yang terbagi ke dalam sentimen positif, negatif, dan netral. Data didapatkan dengan cara mengumpulkan semua postingan tweets yang ada di Twitter. Hasil dari penelitian yaitu menghasilkan sebuah pengetahuan dan informasi baru dari data yang telah diklasifikasikan berdasarkan sentimen yang cocok menggunakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) dan selanjutnya informasi yang terkumpul tersebut dapat dipergunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkan dalam penelitian berikutnya.