ctrlnum 15523
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://e-journal.uajy.ac.id/15523/</relation><title>EVALUASI KERUSAKAN JALAN RAYA PIYUNGAN, BOKOHARJO, SLEMAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA</title><creator>BARROS, MARIO GILERMO RUDY</creator><subject>Transportasi</subject><description>Jalan Raya Piyungan merupakan salah satu jalan provinsi yang berada di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jalan ini memiliki peranan menghubungkan antar pusat kegiatan lokal. Adanya retak-retak (crack), pengelupasan (raveling) dan lubang-lubang (potholes) pada permukaan jalan Raya Piyungan merupakan bukti bahwa jalan mengalami penurunan tingkat pelayanan atau dalam kondisi rusak salah satunya dipengaruhi oleh muatan lebih kendaraan (overload). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi jenis, jumlah serta tingkat kerusakan jalan pada ruas jalan Raya Piyungan berdasarkan Metode Bina Marga serta merencanankan overlay menggunakan Metode Bina Marga Pt T-01-2002-B. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mengevaluasi dan mengidentifikasi jumlah, jenis serta tingkat kerusakan pada ruas jalan Raya Piyungan agar dapat memberikan alternatif penyelesaian terhadap kerusakan yang terjadi.&#xD; Penelitian ini dilakukan dengan mengamati kondisi perkerasan jalan yang rusak untuk mengevaluasi dan menidentifikasi jenis, jumlah serta tingkat kerusakan jalan pada ruas jalan Raya Piyungan berdasarkan Metode Bina Marga. Ada dua jenis data yang diperlukan untuk mengevaluasi kerusakan jalan pada penelitian yaitu data primer dan sekunder. Data Primer dalah data lebar perkerasan, volume kendaraan, jenis dan tingkat kerusakan jalan sedangkan untuk data sekunder berupa data perkerasan jalan pada awal perencanaan jalan tersebut seperti data CBR tanah dasar dan lalu lintas harian rata-rata (LHR) dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DIY.&#xD; Hasil dari pengamatan secara langsung di lokasi penelitian, ditemukan jenis kerusakan pada ruas Jalan Raya Piyungan adalah lubang dan tambalan sebanyak 219 titik (46,7%), kerusakan tipe retak sebanyak 238 titik (50,7%), serta alur dan amblas sebanyak 8 titik (1,7%). Total kerusakan yang tersebar diantara kilometer 5 sampai 8 yaitu sebanyak 264 titik untuk ruas kiri dan 205 titik untuk ruas kanan. Berdasar pada Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota NO 18/T/BNKT/1990 maka nilai kondisi Jalan Raya Piyungan menunjukan angka 7 (tujuh) dengan nilai urutan Prioritas sebesar 2 (dua) yang menandakan bahwa jalan harus dimasukkan dalam program peningkatan dalam bentuk overlay. Lapis tambahan (overlay) yang sesuai dengan perkerasan dan volume tahun 2018 menggunakan laston setebal 5 cm, dengan umur rencana 10 tahun untuk masa layanan sampai tahun 2028. Dengan demikian maka dalam mengevaluasi perkerasan sebaiknya dilakukan setelah diketahui penyebab kerusakan jalan sehingga tidak menimbulkan atau meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas bagi pengguna jalan serta Untuk perencanaan tebal lapis perkerasan sendiri perlu diadakan pengecekan secara rutin pada ruas Jalan Raya Piyungan agar memberikan alternatif penyelesaian terhadap kerusakan yang terjadi.</description><date>2018-04-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://e-journal.uajy.ac.id/15523/1/TS149560.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://e-journal.uajy.ac.id/15523/2/TS149561.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://e-journal.uajy.ac.id/15523/3/TS149562.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://e-journal.uajy.ac.id/15523/4/TS149563.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://e-journal.uajy.ac.id/15523/5/TS149564.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://e-journal.uajy.ac.id/15523/6/TS149565.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://e-journal.uajy.ac.id/15523/7/TS149566.pdf</identifier><identifier> BARROS, MARIO GILERMO RUDY (2018) EVALUASI KERUSAKAN JALAN RAYA PIYUNGAN, BOKOHARJO, SLEMAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA. S1 thesis, UAJY. </identifier><recordID>15523</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author BARROS, MARIO GILERMO RUDY
title EVALUASI KERUSAKAN JALAN RAYA PIYUNGAN, BOKOHARJO, SLEMAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA
publishDate 2018
topic Transportasi
url http://e-journal.uajy.ac.id/15523/1/TS149560.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/15523/2/TS149561.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/15523/3/TS149562.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/15523/4/TS149563.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/15523/5/TS149564.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/15523/6/TS149565.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/15523/7/TS149566.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/15523/
contents Jalan Raya Piyungan merupakan salah satu jalan provinsi yang berada di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta. Jalan ini memiliki peranan menghubungkan antar pusat kegiatan lokal. Adanya retak-retak (crack), pengelupasan (raveling) dan lubang-lubang (potholes) pada permukaan jalan Raya Piyungan merupakan bukti bahwa jalan mengalami penurunan tingkat pelayanan atau dalam kondisi rusak salah satunya dipengaruhi oleh muatan lebih kendaraan (overload). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengidentifikasi jenis, jumlah serta tingkat kerusakan jalan pada ruas jalan Raya Piyungan berdasarkan Metode Bina Marga serta merencanankan overlay menggunakan Metode Bina Marga Pt T-01-2002-B. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mengevaluasi dan mengidentifikasi jumlah, jenis serta tingkat kerusakan pada ruas jalan Raya Piyungan agar dapat memberikan alternatif penyelesaian terhadap kerusakan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati kondisi perkerasan jalan yang rusak untuk mengevaluasi dan menidentifikasi jenis, jumlah serta tingkat kerusakan jalan pada ruas jalan Raya Piyungan berdasarkan Metode Bina Marga. Ada dua jenis data yang diperlukan untuk mengevaluasi kerusakan jalan pada penelitian yaitu data primer dan sekunder. Data Primer dalah data lebar perkerasan, volume kendaraan, jenis dan tingkat kerusakan jalan sedangkan untuk data sekunder berupa data perkerasan jalan pada awal perencanaan jalan tersebut seperti data CBR tanah dasar dan lalu lintas harian rata-rata (LHR) dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi DIY. Hasil dari pengamatan secara langsung di lokasi penelitian, ditemukan jenis kerusakan pada ruas Jalan Raya Piyungan adalah lubang dan tambalan sebanyak 219 titik (46,7%), kerusakan tipe retak sebanyak 238 titik (50,7%), serta alur dan amblas sebanyak 8 titik (1,7%). Total kerusakan yang tersebar diantara kilometer 5 sampai 8 yaitu sebanyak 264 titik untuk ruas kiri dan 205 titik untuk ruas kanan. Berdasar pada Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota NO 18/T/BNKT/1990 maka nilai kondisi Jalan Raya Piyungan menunjukan angka 7 (tujuh) dengan nilai urutan Prioritas sebesar 2 (dua) yang menandakan bahwa jalan harus dimasukkan dalam program peningkatan dalam bentuk overlay. Lapis tambahan (overlay) yang sesuai dengan perkerasan dan volume tahun 2018 menggunakan laston setebal 5 cm, dengan umur rencana 10 tahun untuk masa layanan sampai tahun 2028. Dengan demikian maka dalam mengevaluasi perkerasan sebaiknya dilakukan setelah diketahui penyebab kerusakan jalan sehingga tidak menimbulkan atau meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas bagi pengguna jalan serta Untuk perencanaan tebal lapis perkerasan sendiri perlu diadakan pengecekan secara rutin pada ruas Jalan Raya Piyungan agar memberikan alternatif penyelesaian terhadap kerusakan yang terjadi.
id IOS2676.15523
institution Universitas Atma Jaya Yogyakarta
institution_id 70
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta
library_id 276
collection Repository Universitas Atma Jaya Yogyakarta
repository_id 2676
subject_area Ekonomi
Hukum
Komunikasi dan Media
city SLEMAN
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
repoId IOS2676
first_indexed 2019-05-05T00:40:37Z
last_indexed 2019-05-05T00:40:37Z
recordtype dc
_version_ 1765769869512409088
score 17.538404