STUDY AWAL PERSONALISASI AFEKSI ELEARNING BERBASIS USER EXPERIENCE
Main Author: | Setyohadi, Djoko Budiyanto |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Surabaya, Jawa Timur
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/15384/4/Study%20Awal%20Personalisasi.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/15384/2/peer_review_Study%20Awal%20Personalisasi.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/15384/3/cek_turnitin_Study%20Awal%20Personalisasi.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/15384/ |
Daftar Isi:
- Problema personalisasi di E-learning telah menjadi topik penelitian yang penting dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini diperkuat dengan pengunaan elarning yang mempegunakan web sebagai saran prosesnya. Dengan web elearning yang mepergunakan internet sebagai media transmisi kontentnya, membangkitkan isu-isu terkait dengan user experience sebagai model personalisasi dalam proses pembelajarannya. Aspek itu terkait dengan isu-isu yang ada berasal dari sifat media internet. Penggunaan internet akan menyebabkan variasi siswa juga akan menjadi lebar dan hal ini membangkitkan problem kesusuaian kapasitas belajar siswa dengan content maupun navigasi yang disediakan oleh sistem elearnignya. Lebih lanjut terdapat kecenderungan ketidaksinkronan yang berimpliksi pada problema adaptasi dari sisi siswa, sebagai sebuah pembelajar individu. Tulisan akan membahas beberapa aspek personalisasi khususnya aspek afeksi dan user experience dalam E-learning. Aspek-aspek tersebut akan diexplorasi guna membuat alternative penyelesaian permasalahan problema adaptasi sistem elearning. System yang adaptif ditujukan untuk menyelaraskan system dan siswa elearning dengan cara mengakomodasi siswa sebagai sebuah individu. Analisa potensi pengguna dari ke dua aspek tersebut akan dipakai sebagai parameter personalisasi yang memungkinkan untuk diimplementasikan. Selanjutnya kombinasi pola variasi parameter personalisasi diharapkan dapat dipakai sebagai dasar skenario personalisasi elearning