PENGARUH PEMASARAN RAMAH LINGKUNGAN TERHADAP NIAT BELI DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi niat pembelian konsumen pada produk ramah lingkungan)

Main Author: Santoso, Daniel
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/15342/1/EM20088.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/15342/
Daftar Isi:
  • Kerusakan lingkungan hidup dewasa ini menjadikan kualitas hidup manusia menjadi semakin rendah. Kerusakan lingkungan hidup salah satunya disebabkan karena besarnya konsumsi masyarakat pada produk yang dibuat dengan mengabaikan lingkungan hidup. Perubahan perilaku konsumsi masyarakat ke arah yang lebih baik yaitu pada niat pembelian pada produk ramah lingkungan akan memberikan kontrbusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan sikap dalam memediais pengaruh green marketing terhadap niat beli konsumen. Penelitian dilakukan pada 100 orang mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang memiliki orientasi pada konsumsi produk ramah lingkungan. Hasil penelitian: 1) Green marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian konsumen pada produk ramah lingkungan. 2) Green marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap konsumen pada produk ramah lingkungan. 3) Sikap konsumen pada produk ramah lingkungan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian konsumen pada produk ramah lingkungan. 4) Sikap konsumen pada produk ramah lingkungan memediasi pengaruh green marketing terhadap niat pembelian konsumen pada produk ramah lingkungan.5) Terdapat perbedaan perilaku sikap dan niat pembelian konsumen pada produk ramah lingkungan berdasarkan perbedaan jenis kelamin, dan perbedaan niat beli ditinjau dari perbedaan pendapatan.