SHOWROOM HARLEY DAVIDSON DAN CAFÉ MOGE DI YOGYAKARTA DENGAN GAGASAN DESAIN ARSITEKTUR KONTEMPORER

Main Author: PRASETYO, VINCENTIUS BUDHI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/15328/1/TA12810.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/15328/
Daftar Isi:
  • Harley Davidson adalah sebuah brand otomotif sepeda motor gede (moge) legendaris asal Amerika Serikat. Harley Davidson adalah image terkuat dari moge dengan banyak penggemar dari seluruh dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia klub moge dengan brand spesifik Harley Davidson terbesar adalah HOG Indonesia dan HDCI. Yogyakarta adalah kota tuan rumah dari event–event rutin tahunan berskala nasional dari klub-klub Harley Davidson tersebut. Sayangnya belum ada showroom dan bengkel resmi Harley Davidson, dan juga secretariat klub untuk memenuhi kebutuhan klub (penggemar) Harley Davidson di Yogyakarta. Sebuah showroom otomotif memiliki tuntutan pada tata ruang. Tata ruang luar terutama façade adalah kesan utama yang ditangkap masyarakat akan produk di dalamnya. Tata ruang dalam showroom harus dapat menonjol ke luar dan dapat memamerkan produk yang di display ke luar dari dalam bangunan. Terutama pada showroom yang mengusung suatu brand, tampilan bangunan harus dapat merepresentasikan image dari brand tersebut. Dari permasalahan tersebut maka terbentuklah sebuah rumusan masalah yaitu Bagaimana wujud rancangan Showroom Harley Davidson dan café moge yang merepresentasikan brand image Harley Davidson melalui pengolahan tata ruang dengan gagasan desain arsitektur kontemporer di Yogyakarta? Gagasan desain arsitektur kontemporer dianggap mendukung karena fungsi bangunan bersifat komersial dan gaya desain Industrial adalah gaya desain yang sedang ‘in’ saat ini. Dan gagasan desain arsitektur kontemporer dapat diarahkan sesuai dengan karakter dan image dari Harley Davidson yang diharapkan dapat merepresentasikan brand image dari Harley Davidson itu sendiri.