LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT PENGEMBANGAN KREATIVITAS BAGI ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI YOGYAKARTA

Main Author: NARWASTU RAMBA, DEWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/15228/1/TA14049.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/15228/
Daftar Isi:
  • Pusat Pengembangan Kreativitas bagi Anak-anak dengan Disabilitas merupakan suatu sarana edukasi yang memberikan pendidikan berupa pengembangan keterampilan atau bakat yang dimiliki anak-anak dengan kebutuhan khusus dengan tunanetra, tunarungu dan tunaganda. Penyediaan sarana keterampilan khusus bagi ABK membutuhkan sistem pelatihan yang dirancang menyesuaikan dengan jenis kebutuhan khusus dan kemampuan masing-masing ABK. keterampilan dengan sistem pelatihan khusus membutuhkan sarana pendukung pada PPKAD Yang merupakan ruangan-ruangan khusus yang dapat menunjang setiap kegiatan anak-anak berkebutuhan khusus serta membantu proses belajar dan mendukung kehidupan ABK. Perancangan Pusat Pengembangan Kreativitas bagi Anak Disabilitas (PPKAD) ini diharapkan mampu mengakomodir pola pendidikan khususnya dalam minat dan bakat bagi ABK tidak hanya melalui tata ruang dalam tetapi juga tata ruang luar yang menyesuaikan dengan jenis kebutuhan khusus ABK. Terkhususnya pada ABK yakni dengan tunanetra, tunarungu dan tunagrahita, dan tunadaksa sehingga mampu membantu mengembangkan keterampilan Anak-anak berkebutuhan khusus. Perancangan tata ruang luar dan tata ruang dalam yang komunikatif bagi ABK dengan pendekatan suasana ruang yang mencakup dari berbagai aspek yakni: Penataan furniture, Kenyamanan, Keamanan dan Sirkulasi untuk mengakomodir kegiatan dalam pengembangan bakat ABK dan mendukung pola pengajaran yang ada di dalam PPKAD ini Tata ruang dalam dan ruang luar pada PPKAD dirancang saling terhubung untuk mengoptimalkan proses pelatihan dengan membantu ABK memahami ruang dan mampu menggunakan ruang secara mandiri hingga akhirnya mampu meningkatkan kualitas hidup ABK di masa mendatang.