PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN MEREK YANG MEMPENGARUHI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada konsumen pengguna mobil Fortuner di Yogyakarta)

Main Author: Djoenaidi, Danny Kristanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/15201/1/EM19442.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/15201/
Daftar Isi:
  • Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga eksistensi perusahaan di masa yang akan datang adalah menciptakan konsumen yang loyal pada sebuah merek (brand loyalty). Beberapa cara dapat digunakan untuk meningkatkan loyalitas konsumen pada sebuah merek. Kemampuan sebuah merek untuk menciptakan respon emosi positif (brand affect) dan kepercayaan konsumen pada merek (brand trust). Penelitian ini dilakukan pada 140 orang pemilik mobil merek Toyota Fortuner di Yogyakarta. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk menguji peranan brand affect dalam memediasi pengaruh brand trust terhadap brand loyalty. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda dan path analysis. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) Brand trust memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand affect. 2) Brand trust memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand loyalty. 3) Brand affect memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap brand loyalty. 4) Brand affect berperan dalam memediais pengarih brand trust terhadap brand loyalty.