STRATEGI SOSIALISASI DALAM PROGRAM HEMAT ENERGI LISRIK DI PT. PLN (PERSERO) APJ YOGYAKARTA
Main Author: | Yati, Ika Indri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/1473/1/0KOM02667.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1473/2/1KOM02667.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1473/3/2KOM02667.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1473/4/3KOM02667.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1473/5/4KOM02667.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1473/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi sosialisasi dalam program hemat energi listrik di PT. PLN (Persero) APJ Yogyakarta. Dalam penelitian ini akan diulas mengenai strategi sosialisasi yang dijalankan oleh divisi Humas dan Hukum PT. PLN (Persero) APJ Yogyakarta. Metode penelitian ini adalah study kasus dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan dipaparkan secara naratif. Data diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dengan Manajer dan divisi Hukum dan Humas PT. PLN (Persero) APJ Yogyakarta. Program hemat energi listrik dilatar belakangi oleh besarnya permintaann masyarakat akan listrik yang tidak diimbangi dengan ketersediaan energi listrik yang ada. Selain itu, program ini juga muncul akibat dari ketidakmampuan pemerintah dalam memberikan subsidi listrik kepada masyarakat. Kondisi ini yang kemudian mendasari untuk segera dilakukan sosialisasi program hemat energi kepada masyarakat. Dalam sebuah sosialisasi, perlu dirancang sebuah strategi agar sosialisasi yang dilakukan berjalan dengan efektif dan pesan dapat tersampaikan dengan baik. Sebelum melakukan sosialisasi terlebih dahulu menentukan tujuan dan publik sasaran. Sosialisasi dipandang sebagai sebuah usaha edukasi yang didalamnya terdapat proses penyebaran informasi, sehingga publik sasaran menjadi tahu dan bahkan ikut serta secara aktif dalam program yang ditawarkan oleh PT. PLN (Persero). Strategi sosialisasi dalam program hemat energi listrik ini adalah strategi penyebaran informasi melalui media, yaitu strategi sosialisasi yang memanfaatkan media komunikasi baik searah maupun dua arah. Media komunikasi searah meliputi baliho, iklan layanan masyarakat, dan media cetak. Sedangkan media komunikasi dua arah meliputi talkshow, presentasi dan komunikasi tatap muka.