PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN DENGAN PREFRENSI MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada niat pembelian konsumen pada merek Samsung)

Main Author: Adriani, Venlie
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/14717/1/EM20005.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/14717/
Daftar Isi:
  • Ekuitas merek yang kuat merupakan suatu hal yang penting bagi perusahaan karena memberikan nilai tambah pada produk yang dijual perusahaan. Memahami akan arti penting ekuitas merek, maka perusahaan harus dapat membangun merek yang kuat pada produk atau jasa layanan perusahaan. Ekuitas merek yang kuat akan dijadikan preferensi bagi konsumen dan dapat meningkatkan niat pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menguji peranan preferensi merek dalam memediasi pengaruh ekiitas merek terhadap niat pembelian. Obyek penelitian ini ini adalah merek Samsung, sedangkan subyek penelitian adalah masyarakat di Yogyakarta yang berencana membeli produk-produk elektronika merek Samsung. Penelitian mengambil sampel 140 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi, path analysis, dan oneway anova. Hasil penelitian ini adalah, 1) Ekuitas merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap preferensi merek, 2) Ekuitas merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian, 3) Preferensi merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat pembelian. 4) Preferensi merek memediasi sebagian pengaruh ekuitas merek terhadap niat pembelian.