PENGARUH KUALITAS WEBSITE, EWOM, PERCEIVED BENEFIT, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP SIKAP PADA BELANJA ONLINE DI SHOPEE
Main Author: | Mahardika, I Kadek Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/14398/1/EM20483.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/14398/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisi seberapa besar pengaruh dari kualitas website, EWOM, perceived benefit, dan kepercayaan terhadap sikap pada belanja online. Penelitian ini mengambil responden mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta.Jumlah sampel yang valid dan dipakai dalam penelitian ini adalah 202 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dengan pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner online. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana, regresi linear berganda, dan mediasi. Hasil penelitian dari regresi sederhana menunjukkan bahwa variabel kualitas website secara keseluruhan berpengaruh positif pada variabel perceived benefit dan variabel kualitas website secara keseluruhan berpengaruh positif pada variabel EWOM. Sedangkan pada regresi berganda, hasil analisis menunjukan bahwa perceived benefit, kepercayaan,dan kualitas website berpengaruh secara langsung atau tidak langsung pada sikap belanja online. EWOM sebagai variabel mediasi berfungsi memediasi hubungan antara variabel kualitas website dan kepercayaan dan hasilnya dapat diketahui bahwa kualitas website berpengaruh secara langsung terhadap kepercayaan dan tidak langsung juga berpengaruh pada kepercayaan melalui EWOM sebagai variabel pemediasi. Hubungan antara variabel kualitas website dan sikap terhadap belanja online dengan kepercayaan sebagai variabel pemediasi, setelah dianalisis dapat dilihat bahwa kualitas website berpengarah secara langsung terhadap kepercayaan dan tidak berpengaruh secara langsung terhadap sikap pada belanja online melalui kepercayaan sebagai variabel pemediasi.