MAKNA KONOTASI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT (Studi Deskriptif Kualitatif Makna Konotasi Roland Barthes pada Iklan Layanan Masyarakat 50th Kompas INSPIRA(K)SI yang dimuat pada Surat Kabar Kompas edisi 14-28 Juni 2015)

Main Author: Tinarbuko, Gregorius Anggertimur Lanang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://e-journal.uajy.ac.id/14320/1/KOM04302.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/14320/
Daftar Isi:
  • Penelitian dalam skripsi ini mengambil fokus tentang makna konotasi terhadap iklan layanan masyarakat di surat kabar Kompas. Iklan yang diteliti memiliki nilai spesial karena dibuat bertepatan dengan ulang tahun Kompas ke 50 tahun dengan tajuk INSPIRA(K)SI – Inspirasi Lintas Generasi. Dalam penelitian ini digunakan teori semiotika dari Roland Barthes yang fokus pada makna konotasi. Penggalian makna konotasi dilakukan lewat identifikasi tanda verbal dan tanda visual yang kemudian dideskripsikan menjadi pesan verbal dan pesan visual. Fase berikutnya adalah melakukan interpretasi atas tanda verbal dan tanda visual yang menjadi pesan verbal dan pesan visual itu menggunakan teori makna terkoordinasi. Teori makna terkoordinasi memiliki hierarki makna yang digunakan untuk memberi konteks sebelum dilakukan interpretasi makna oleh peneliti. Selanjutnya, setelah diberikan konteks, digunakan kode sosial dari Roland Barthes untuk menuntut proses interpretasi guna mencari makna konotasi dari iklan layanan masyarakat tersebut.