HUBUNGAN ANTARA KEBUTUHAN MAHASISWA ANGGOTA UKM BOLA BASKET UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA DENGAN TINGKAT PENGGUNAAN MEDIA PADA LENSA OLAHRAGA DI ANTV
Main Author: | Prayanto, Mario Yohakim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/1417/1/0KOM02786.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1417/2/1KOM02786.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1417/3/2KOM02786.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1417/4/3KOM02786.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1417/5/4KOM02786.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1417/ |
Daftar Isi:
- Media massa dan olahraga mempunyai hubungan yang saling mempengaruhi. Media massa diterima secara luas oleh pelanggannya karena menyiarkan acara-acara olahraga. Melalui tayangan program ini masyarakat pada umumnya, dan pecinta olahraga basket maupun olahragawan pada khususnya akan mendapatkan pemenuhan kebutuhan akan hiburan sekaligus pendidikan dan informasi yang bisa dijadikan masukan sekaligus motivasi bagi para olahragawan untuk lebih berprestasi dalam bidang olahraga basket. Kebutuhan itu sendiri didapat melalui berbagai hal yang salah satunya dapat dilakukan dengan menonton program acara olahraga di televisi yang kebanyakan memuat berbagai prestasi di berbagai cabang olahraga termasuk bola basket. Semakin seringnya para anggota UKM Bola Basket menonton program acara olahraga di televisi, secara langsung maupun tidak langsung dapat memberikan informasi para anggota UKM, sehingga kebutuhan akan berita olahraga terpenuhi. Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian penjelasan (explanatory research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan maksud untuk mengukur atau menggali dengan cermat hubungan sebab-akibat yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel X dengan variabel Y melalui pengujian hipotesis. Variabel X dalam penelitian ini adalah kebutuhan mahasiswa anggota UKM Bola Basket Universitas Atma Jaya Yogyakarta, sedangkan variabel Y adalah tingkat penggunaan media pada berita olahraga di ANTV. Hasil penelitian menunujukkan bahwa adanya hubungan atau korelasi yang kuat dan berlawanan antara kebutuhan mahasiswa anggota UKM Bola Basket Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan tingkat penggunaan media pada berita olahraga di ANTV. Bila dikaitkan dengan pendekatan Uses and Gratification, maka dapat diketahui bahwa media dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa anggota UKM Bola Basket. Media dapat mengubah sikap dan perilaku seseorang, hal ini dapat dilihat dari tingkat penggunaan media pada berita olahraga di ANTV. Berita olahraga di ANTV dapat digunakan sebagai salah satu referensi bagi mahasiswa anggota UKM Bola