Daftar Isi:
  • Persaingan dalam bisnis penjualan susu saat ini semakin ketat dengan banyaknya perusahaan yang terjun dalam bisnis ini. Bagaimana cara mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan penjualan, menambah pelanggan,dan mempertahankan pelanggan adalah beberapa masalah yang dihadapi PT Mirota KSM. Salah satu cara untuk menghadapi masalah-masalah di atas adalah dengan memahami tren penjualan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan pelanggan, sehingga perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat. Berdasarkan permasalahan di atas penulis berkeinginan untuk membantu memecahkan masalah PT. Mirota KSM dengan menerapkan Inteligensi Bisnis. Proses pembangunan Intelegensi Bisnis dimulai dengan menganalisis masalah yang terjadi berdasarkan hasil wawancara, menentukan masalah yang terjadi, menentukan dimensi dan fakta yang akan digunakan dalam pembuatan laporan, membuat proses Extract Transform Load (ETL), Data Warehouse dibutuhkan untuk membuat cube dan membuat laporan. Permasalahan yang ada adalah dalam membuat keputusan dibutuhkan waktu yang lama dan proses nya akan membutuhkan waktu oleh sebab itu solusi yang digunakan adalah intelegensi bisnis Karena laporan menjadi hal yang krusial dalam pengambilan keputusan, maka dibutuhkan laporan yang tepat dan akurat yang dihasilkan oleh Intelegensi Bisnis. Telah dibangun intelegensi bisnis untuk subjek penjualan di PT. Mirota KSM yang akan digunakan untuk membantu mengambil keputusan yang tepat dari laporan yang dihasilkan, sehingga proses bisnis menjadi lebih optimal.