ANALISIS NIAT MENGGUNAKAN E-LEARNING DENGAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI SMA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Main Author: | Manalu, Chrisyan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/14091/1/TI075640.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/14091/2/TI075641.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/14091/3/TI075642.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/14091/4/TI075643.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/14091/5/TI075644.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/14091/6/TI075645.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/14091/7/TI075646.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/14091/ |
Daftar Isi:
- Beberapa sekolah di SMA Yogyakarta telah mengimplementasikan e-learning yang bisa diakses oleh siswa dan guru. Niat penggunaan e-learning di SMA Yogyakarta belum pernah diteliti sebelumnya menjadi pendorong penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi niat penggunaan e-learning di sekolah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif dengan menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions), analisa model pengukuran dan analisa model struktural menggunakan AMOS (Analisis of Moment Structures) Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sampel acak melalui penyebaran kuesioner berjumlah 394 responden. Faktor yang mempengaruhi niat penggunaan e-learning yang diteliti dalam penelitian ini menggunakan teori TAM (Technology Acceptance Model) yaitu niat perilaku, persepsi kegunaan yang dirasakan, persepsi kemudahan penggunaan, sikap, keyakinan diri, norma subyektif, dan fungsionalitas sistem. Niat penggunaan e-learning oleh siswa SMA Yogyakarta menunjukkan bahwa mayoritas hipotesis yang disusun terbukti. Penemuan yang cukup penting adalah sikap dan disusul oleh persepsi kemudahan penggunaan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap sikap perilaku. Faktor fungsionalitas sistem dan persepsi kemudahan penggunaan sistem tidak memberikan pengaruh terhadap kegunaan yang dirasakan.