LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SEKOLAH DAN ASRAMA INKLUSI MENENGAH PERTAMA DI SURAKARTA
Main Author: | SUSANTO, IVANKA DESYRA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/13723/1/TA15017.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/13723/ |
Daftar Isi:
- Sekolah dan Asrama Inklusi Menengah Pertama di Surakarta merupakan pelayanan edukasi pada tahap menengah pertama berbasis inklusi yang menggabungkan anak kebutuhan reguler dan anak kebutuhan khusus lamban belajar dan kesulitan belajar pada satu wadah pelayanan edukasi. Perancangan sekolah berbasis inklusi merupakan dukungan terhadap pemerintah dalam mencanangkan Surakarta sebagai Kota Inklusi. Melihat masih kurangnya pemerhatian pemerintah dalam menyediakan fasilitas edukasi berbasis inklusi maka penyediaan fasilitas akomodasi berupa asrama dalam sekolah inklusi menengah pertama ini merupakan fasilitas pendukung untuk mewadahi anak-anak yang berasal dari luar kota. Pada kondisi lingkungan sekolah yang berbasis asrama, tentunya remaja dalam hal ini pelajar sekolah inklusi menengah pertama membutuhkan adanya bimbingan dalam mengembangkan kepribadiannya. Konsep pendekatan psikologi remaja diterapkan dalam perencanaan sebagai wujud bimbingan terhadap remaja dalam mencari jati diri. Secara psikologis melalui penghadiran suasana kekeluargaan akan mendukung proses pencarian jati diri. Suasana kekeluargaan diwujudkan melalui penataan elemen organisasi dan sirkulasi ruang dengan memungkinkan adanya ruang-ruang yang menstimulus interaksi dengan sesama. Diharapkan melalui perancangan berbasis inklusi, pelajar dalam sekolah dan asrama inklusi menengah pertama ini mampu menjadi bibit bagi terwujudkan masyarakat inklusi di masa mendatang.