Daftar Isi:
  • Loyalitas wisatawan pada sebuah obyek wisata adalah hal yang penting untuk ditingkatkan. Peningakatan lotalitas dapat dilakukan dengan menciptakan kepuasan dan citra destinasi yang baik. Loyalitas juga dipengaruhi oleh seberapa kuat konsumen bersedia melakukan word of mouth. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta yaitu pada 150 orang wistawan yang pernah mengunjungi obyek wisata di Yogyakarta dan daerah-daerah sekitarnya. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepuasan dan citra destinasi wisata terhadap pengaruh e-wom terhadap loyalitas wisatawan. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa, 1) citra destinasi memediasi sebagian pengaruh e-wom terhadap kepuasan wisatawan. Pengaruh ewom terhadap kepuasan wisatawan lebih efektif/lebih kuat/besar saat melalui citra destinasi dibandingkan jika secara langsung. 2) citra destinasi memediasi sebagian pengaruh e-wom terhadap loyalitas wisatawan. Pengaruh e-wom terhadap loyalitas wisatawan tidak lebih efektif/lebih kuat/besar saat melalui citra destinasi dibandingkan jika secara langsung. 3) kepuasan memediasi sebagian pengaruh ewom terhadap loyalitas wisatawan. Pengaruh e-wom terhadap loyalitas wisatawan tidak lebih efektif/lebih kuat/besar saat melalui kepuasan dibandingkan jika secara langsung. 4) kepuasan memediasi sebagian pengaruh citra destinasi terhadap loyalitas wisatawan. Pengaruh citra destinasi terhadap loyalitas wisatawan lebih efektif/lebih kuat/besar saat melalui kepuasan dibandingkan jika secara langsung.