FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN ( Analisis Pengaruh Tingkat Kepuasan Pelanggan, Tingkat Kualitas Jasa, dan Tingkat Pengetahuan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Produk Handphone Merek NOKIA di Yogyakarta )
Main Author: | Suryanto, Bayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/1184/1/0KOM03019.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1184/2/1KOM03019.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1184/3/2KOM03019.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1184/4/3KOM03019.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1184/5/4KOM03019.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/1184/ |
Daftar Isi:
- Kebutuhan yang sangat penting dan mendasar bagi setiap orang adalah berkomunikasi. Berbagai macam media diciptakan untuk membantu agar orang lebih mudah melakukan kegiatan berkomunikasi menyampaikan pesan dari satu orang kepada orang lain, salah satunya menggunakan media telepon genggam. Salah satu produk handphone atau telepon genggam yang sudah lama menggeluti dunia industri komunikasi adalah produk handphone merek Nokia. Handphone merek Nokia sudah memiliki pelanggan yang tidak sedikit jumlahnya, dan untuk mempertahankan pelanggan dalam menjaga pasaran industri telekomunikasi tidaklah mudah. Loyalitas pelanggan merupakan tujuan utama dan tingkatan paling akhir dari proses pengembangan produk. Berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi pelanggan dalam mempertahankan pelanggan setianya, oleh karena itu dalam penelitian ini melihat bagaimana pengaruh tingkat kepuasan pelanggan, tingkat kualitas jasa, dan tingkat pengetahuan merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen produk handphone merek Nokia. Secara garis besar ketiga faktor tersebut berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dalam mengembangkan brand produk handphone merek Nokia. Hal tersebut didasarkan pada hasil studi statistik yang dilakukan oleh peneliti kepada 100 responden pelanggan handphone merek Nokia dan dipaparkan secara lebih jelas dalam penelitian ini. Hasilnya faktor yang paling berpengaruhterhadap loyalitas konsumen pengguna handphone produk Nokia adalah faktor tingkat pengetahuan merek dibandingkan dengan faktor tingkat kepuasan pelanggan, dan tingkat kualitas jasa.