PENGARUH PHYSICAL ATTRACTIVENESS PADA IKLAN MAJALAH TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA KATEGORI PRODUK BERDASARKAN ELABORATION LIKELIHOOD MODEL (ELM) OF PERSUASION
Main Author: | Widyantoko, Rossi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Terbitan: |
, 2005
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://e-journal.uajy.ac.id/10609/1/0EM12133.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/10609/2/1EM12133.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/10609/3/2EM12133.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/10609/4/3EM12133.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/10609/5/4EM12133.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/10609/6/5EM12133.pdf http://e-journal.uajy.ac.id/10609/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh physical attractiveness pada iklan majalah terhadap niat beli konsumen. ELM membagi kategori produk menjadi dua, yaitu produk dengan keterlibatan tinggi (slimming programme) dan produk dengan keterlibatan rendah (sabun pembersih muka). Lebih lanjut penelitian ini akan membandingkan: respon terhadap endorser, citra merek, penggunaan framing, penggunaan efek afektif dan efek kognitif dalam iklan serta pengaruh kelompok referensi pada kedua kategori produk tersebut. Secara umum hasil dari penelitian ini menunjukkan niat beli yang lebih tinggi pada iklan yang menggunakan endorser dibandingkan iklan. yang tidak menggunakan endorser untuk kedua jenis produk, namun dalam perbandingan antara kedua kategori produk ditemukan hash bahwa pads produk dengan keterlibatan rendah penggunaan endorser dalam iklan tidak memberikan pengaruh yang berbeda terhadap niat beli dengan iklan yang tidak menggunakan endorser. Dari hasil temuan penelitian ini dapat diketahui bahwa respon konsumen pads kedua kategori produk tersebut merniliki kesamaan terhadap efek framing, tetapi memiliki respon yang berbeda terhadap kelompok referensi, efek afektif dan efek kognitif. Pada produk dengan keterlibatan rendah konsumen tertarik pads peripheral cues seperti penggunaan gambar dan warna dalam iklan. Pada produk dengan keterlibatan tinggi konsumen lebih mendapatkan pengaruh dari kelompok referensi dalam melakukan pembelian, Berta lebih tertarik terhadap penggunaan keterangan dalam iklan.