PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN DAN KREDIBILITAS MODEL IKLAN TERHADAP SIKAP PADA IKLAN FATIGON SPIRIT DI TELEVISI
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kredibilitas model iklan dan kredibilitas perusahaan terhadap sikap iklan Fatigon Spirit di televisi, dan (2) untuk mengetahui variabel yang paling dominan pengaruhnya antara kredibilitas model iklan dan kredibilitas perusahaan terhadap sikap pada iklan produk Fatigon Spirit di televise. Penelitian dilakukan di Kota Yogyakarta dengan menggunakan 150 orang responder yang dilakukan secara purposive sampling. Dalam pengujian hipotesis penelitian ini digunakan model regresi linier berganda dengan variabel terikat. Sikap terhadap iklan Fatigon Spirit, sedangkan variabel bebasnya adalah Kredibilitas Model iklan dan Kredibilitas Perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Kredibilitas Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Sikap terhadap Iklan (Y) (t=3.878; p=0.000). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kredibilitas perusahaan menurut persepsi pemirsa, maka akan semakin baik sikap permirsa terhadap iklan yang ditayangkan. (2) Kredibilitas Model Man berpengaruh positif signifikan terhadap Sikap terhadap Iklan (Y) (t=11.202; p=0.000). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kredibilitas model ikaann menurut persepsi pemirsa, maka akan semakin baik sikap pemirsa terhadap iklan yang ditayangkan. (3) Kredibilitas model iklan lebih berpengaruh terhadap Sikap dibanding Kredibilitas Perusahaan, hal ini ditunjukkan oleh koefisien regresi baku Kredibilitas model Iklan sebesar 0,677; sedangkan koefisien regresi baku Kredibilitas Perusahaan sebesar 0.234. Saran yang disampaikan kepada pihak manajemen adalah : (1) Pihak manajemen diharapkan lebih memberikan perhatian yang serius untuk mengetahui sebaik atau sejauh mana sikap konsumen terhadap iklan yang ditayangkan melaului televisi, dan (2) Pihak manajemen secara berkala melakukan survey terhadap sikap konsumen terhadap Man Fatigon, misalnya dalam periode tiga bulanan atau enam bulanan. Hal ini dengan pemikiran bahwa, melalui survey tersebut pihak manajer akan dapat memantau dan mengukur perubahan sikap konsumen terhadap iklan Fatigon Spirit, yang selanjutnya hasil survei ini dapat digunakan untuk merumuskan kembali strategi atau kebijakan periklanannya.