STUDY DESKRIPTIF PUBLIC SERVICE QUALITY DI SAMSAT MANYAR KERTOARJO SURABAYA

Main Author: Filagatha, Filagatha
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Surabaya , 2013
Online Access: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/651
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/651/502
Daftar Isi:
  • SAMSAT adalah adalah suatu sistem kerjasama secara terpadu antara Polri, Dinas Pendapatan Provinsi, dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam pelayanan untuk menerbitkan STNK dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas Negara. SAMSAT melakukan evaluasi terhadap kualitas layanan melalui dimensi: public service quality yang meliputi: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Penelitian ini adalah berjenis riset deskriptif karena dalam penelitian ini tidak memuat tentang pernyataan menerima atau menolak hipotesis penelitian. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah public service quality. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: analisis Deskriptif Frekuensi, presentasi diagram Pie Chart, dan tabulasi silang. Secara keseluruhan, penilaian responden terhadap dimensi public service quality SAMSAT Manyar Kertoarjo adalah cukup baik karena nilai rata-rata untuk keseluruhan dimensi public service quality tersebut adalah positif. Emphaty adalah dimensi public service quality yang dipersepsikan paling positif karena memiliki nilai rata-rata tertinggi diantara dimensi public service quality lainnya. Sedangkan dimensi public service quality dengan persepsi terendah adalah Reliability.