PERBEDAAN KEMATANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) X DAN Y

Main Author: Singgih, Grace Joanna
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Perpustakaan Universitas Surabaya , 2013
Online Access: http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/396
http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/396/262
Daftar Isi:
  • Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat kasus anak yang mengalami hambatan pada aspek kematangan sosial. Anak yang mengalami hambatan kematangan sosial dapat mengalami hambatan pada tugas-tugas perkembangan selanjutnya. Kematangan sosial dibentuk oleh interaksi faktor internal (nature) dan eksternal (nurture), yaitu kematangan biologis dan stimulasi dari lingkungan, salah satunya adalah stimulasi dari pendamping TPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kematangan sosial anak yang berada pada lingkungan yang berbeda, yaitu TPA X dan Y. Subjek penelitian adalah anak yang dititipkan orang tuanya di TPA X dan Y, berusia 2-5 tahun dan dititipkan di TPA setiap hari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat tes psikologi Vineland Social Maturity Social (VSMS), serta observasi dengan subjek dan wawancara dengan orang tua subjek, pendamping, pengasuh, pendidik dan pengelola TPA. Data yang didapatkan kemudian diskor, diolah dengan uji beda dan korelasi, serta dideskripsikan dengan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kematangan sosial pada anak usia prasekolah di Taman Penitipan Anak (TPA) X dan Y. Perbedaan tersebut berada pada aspek self help dressing dan locomotion. Penyebab adanya perbedaan kematangan sosial adalah adanya perbedaan kurikulum dan pembiasaan yang diberikan oleh pendamping TPA X dan Y.